Visi, Misi dan Tujuan MAN 4 Bojonegoro
Perkembangan dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi, dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu madrasah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu.
MAN 4 Bojonegoro merupakan lembaga pendidikan formal mengemban tugas dan amanat yang tidak ringan. MAN 4 Bojonegoro selalu berusaha untuk mencapai dan mendukung Visi dan Misi pendidikan Nasional serta pendidikan relegius.
Kurikulum tingkat satuan pendidikan MAN 4 Bojonegoro disusun dalam kerangka manifestasi visi dan misi yang menjadi cita-cita agung institusi.
MAN 4 Bojonegoro Bojonegoro memiliki citra moral yang menggambarkan profil madrasah yang diinginkan di masa datang serta langkah-langkah nyata yang diwujudkan dalam Visi, Misi dan Tujuan Madrasah sebagai berikut:
VISI
TERWUJUDNYA MADRASAH MODEL, IDEAL, IDOLA, UNGGUL, PROFESIONAL, DAN ISLAMI
Indikator-Indikatornya adalah:
- Model mempuyai spesifikasi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi berdasarkan Iman dan Taqwa yang menjadi rujukan bagi lembaga pendidikan yang lain.
- Ideal mempuyai kandungan arti, satu-satunya Madrasah Aliyah Negeri 4 Bojonegoro sebagai lembaga pendidikan pilihan yang paling tepat.
- Idola mempuyai pengertian MAN 4 Bojonegoro sebagai lembaga pendidikan kebanggaan masyarakat luas.
- Unggul dikandung maksud unggul prestasi akademis maupun non akademis.
- Profesional artinya pengelolaan pembelajaran dikelola dengan seksama, berkeilmuan dan outcome-nya menjadi alumni yang mampu bertindak realistis dan religius.
- Islami mempuyai pengharapan semua proses pembelajaran senantiasa mengacu pada nilai keagamaan yang optimal serta berakhlakul karimah.
MISI
- Melaksanakan proses pembelajaran secara komprehensif, yang mengacu pada 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan, dengan mengembangkan materi muatan lokal dan pembiasaan diri melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
- Melaksanakan pembelajaran menggunakan teknologi informasi,
- Meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan serta siswa dengan alternatif yang terbaik dan terkini,
- Memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang representatif. ,
- Mengembangkan bakat, minat, kreativitas, potensi dan vocational skill,
- Menjalin hubungan dengan semua pihak yang dapat meningkatkan sumber daya manusia yang Islami dan berakhlakul karimah serta sumber daya alam yang berpotensi menuju kesejahteraan sosial, ekonomi yang berkelanjutan,
- Menyediakan layanan pendidikan yang optimal dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat,
- Mengembangkan penilaian otentik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan berdasarkan prinsip-prinsip penilaian.
Tujuan Madrasah
Tujuan adalah arah yang harus dituju dan diraih. Tujuan madrasah merupakan tujuan institusional yang dirumuskan oleh madrasah sebagai berikut.
- Menciptakan dan menyelenggarakan proses pendidikan yang berorientasi pada target pencapaian efektivitas proses pembelajaran berdasarkan berdasarkan konsep MPMBM (Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah),
- Mewujudkan sistem kepemimpinan yang kuat dalam mengakomodasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia,
- Mengelola pendidik dan tenaga kependidikan secara efektif berdasarkan analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, evaluasi kerja, hubungan kerja, imbal jasa yang memadai,
- Penanaman budaya mutu kepada seluruh warga madrasah yang didasarkan pada keterampilan/skill dan profesionalitas,
- Menciptakan sikap kemandirian secara kelembagaan melalui peningkatan sumber daya yang memadai,
- Meningkatkan peran serta warga madrasah dan masyarakat yang dilandasi sikap tanggung jawab,
- Meningkatkan sistem pengelolaan yang transparan dan akuntabel dalam pengelolaan anggaran,
- Meningkatkan mutu prestasi output siswa bidang akademik dan non akademik secara berkelanjutan,
- Memprioritaskan pelayanan pendidikan kepada para siswa dalam rangka mengurangi angka drop out,
- Memberi kepuasan bagi warga madrasah dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.
Ada beberapa bidang yang akan dicapai, antara lain :
1. Prestasi Akademik
Lulus Ujian Nasional dan Ujian Madrasah sesuai dengan standar nasional dan berusaha untuk mencapai hasil yang sangat memuaskan.
2. Prestasi Non Akademik
- Leadership
- Human Relationship
- Self Confidence
- Bravery (Keberanian)
- Disiplin
- Creativity
- Integrety (tanggung jawab)
- Komputer
- Bahasa Asing (Inggris, Arab)
- Keterampilan seni
- Membentuk tim bola voli yang terampil
- Membentuk tim futsal yang handal
- Memiliki grup hadrah modern siap tampil.
- Menerapkan pendidikan nilai (Pendidikan Karakter), antara lain:
- Penghormatan atas hukum/ tata tertib
- Tanggung jawab
- Membimbing siswa untuk hidup disiplin dan berakhlakul karimah
- Menciptakan lingkungan madrasah yang sehat, bersih, indah, sehingga nyaman dan kondusif untuk belajar.
- Mengadakan kegiatan keagamaan Islam secara rutin dan teratur untuk menumbuhkembangkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai agama Islam, melalui sholat jamaah Dhuhur, kultum, dan hafalan surat-surat pendek Al-Qur’an, serta ujian keagamaan melalui program SKUA (Standar Kompetensi Ubudiyah dan Akhlakul Karimah).
Guru dan Pegawai
- Mengelola pendidik dan tenaga kependidikan secara efektif berdasarkan analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, evaluasi kerja, hubungan kerja, imbal jasa yang memadai.
- Penanaman budaya mutu kepada seluruh warga madrasah yang didasarkan pada keterampilan/skill dan profesionalitas.
- Menciptakan sikap kemandirian secara kelembagaan melalui peningkatan sumber daya yang memadai.
- Meningkatkan peran serta warga madrasah dan masyarakat yang dilandasi sikap tanggung jawab.
- Meningkatkan sistem pengelolaan yang transparan dan akuntabel dalam pengelolaan anggaran.
- Meningkatkan mutu/prestasi output siswa bidang akademik dan non akademik secara berkelanjutan.
- Memprioritaskan pelayanan pendidikan kepada para siswa dalam rangka mengurangi angka drop out.
- Memberi kepuasan bagi warga madrasah dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.
Strategi Pengembangan
- Menciptakan dan meningkatkan bidang Layanan Umum, yang menyangkut kepentingan proses persiapan, proses penyelenggaraan dan hasil prestasi pendidikan bagi kepentingan siswa dan stakeholder.
- Menciptakan dan melaksanakan bidang Pengelolaan dan Layanan kepada siswa dalam bidang kegiatan belajar, perkembangan dan pembinaan kepribadian, kebutuhan kemanusiaannya (rasa aman, penghargaan, pengakuan, dan aktualisasi diri).
- Optimalisasi potensi Sarana dan Prasarana Madrasah yang mencakup gedung, lahan, dan media belajar.
- Merumuskan dan menyusun perencanaan strategis dan tahunan guna mengimplementasi program-program operasional madrasah yang didukung oleh sumber-sumber anggaran pembiayaan yang memadahi.
- Melaksanakan program Pembelajaran partisipasi masyarakat madrasah seperti orang tua siswa maupun tokoh masyarakat setempat, melalui wadah organisasi Komite Madrasah.
- Menciptakan Budaya Madrasah yang meliputi tatanan nilai, kebiasaan, kesepakatan-kesepakatan yang direfleksikan sehari-hari terutama budaya yang bersifat mendukung terhadap pencapaian Visi dan Misi Madrasah.