Hits: 263

Visi, Misi dan Tujuan MAN 4 Bojonegoro

Perkembangan dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi, dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu madrasah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu.

MAN 4 Bojonegoro merupakan lembaga pendidikan formal mengemban tugas dan amanat yang tidak ringan. MAN 4 Bojonegoro selalu berusaha untuk mencapai dan mendukung Visi dan Misi pendidikan Nasional serta pendidikan relegius.

Kurikulum tingkat satuan pendidikan MAN 4 Bojonegoro disusun dalam kerangka manifestasi visi dan misi yang menjadi cita-cita agung institusi.

MAN 4 Bojonegoro Bojonegoro memiliki citra moral yang menggambarkan profil madrasah yang diinginkan di masa datang serta langkah-langkah nyata yang diwujudkan dalam Visi, Misi dan Tujuan Madrasah sebagai berikut:

 

VISI 

TERWUJUDNYA MADRASAH MODEL, IDEAL, IDOLA, UNGGUL, PROFESIONAL, DAN ISLAMI

Indikator-Indikatornya adalah:

  • Model mempuyai spesifikasi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi berdasarkan Iman dan Taqwa yang menjadi rujukan bagi lembaga pendidikan yang lain.
  • Ideal mempuyai kandungan arti, satu-satunya Madrasah Aliyah Negeri 4 Bojonegoro sebagai lembaga pendidikan pilihan yang paling tepat.
  • Idola mempuyai pengertian MAN 4 Bojonegoro sebagai lembaga pendidikan kebanggaan masyarakat luas.
  • Unggul dikandung maksud unggul prestasi akademis maupun non akademis.
  • Profesional artinya pengelolaan pembelajaran dikelola dengan seksama, berkeilmuan dan outcome-nya menjadi alumni yang mampu bertindak realistis dan religius.
  • Islami mempuyai pengharapan semua proses pembelajaran senantiasa mengacu pada nilai keagamaan yang optimal serta berakhlakul karimah.

MISI 

  • Melaksanakan proses pembelajaran secara komprehensif, yang mengacu pada 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan, dengan mengembangkan materi muatan lokal dan pembiasaan diri melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
  • Melaksanakan pembelajaran menggunakan teknologi informasi,
  • Meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan serta siswa dengan alternatif yang terbaik dan terkini,
  • Memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang representatif. ,
  • Mengembangkan bakat, minat, kreativitas, potensi dan vocational skill,
  • Menjalin hubungan dengan semua pihak yang dapat meningkatkan sumber daya manusia yang Islami dan berakhlakul karimah serta sumber daya alam yang berpotensi menuju kesejahteraan sosial, ekonomi yang berkelanjutan,
  • Menyediakan layanan pendidikan yang optimal dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat,
  • Mengembangkan penilaian otentik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan berdasarkan prinsip-prinsip penilaian.

 

Tujuan Madrasah

Tujuan adalah arah yang harus dituju dan diraih. Tujuan madrasah merupakan tujuan institusional yang dirumuskan oleh madrasah sebagai berikut.

  1. Menciptakan dan menyelenggarakan proses pendidikan yang berorientasi pada target pencapaian efektivitas proses pembelajaran berdasarkan berdasarkan konsep MPMBM (Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah),
  2. Mewujudkan sistem kepemimpinan yang kuat dalam mengakomodasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia,
  3. Mengelola pendidik dan tenaga kependidikan secara efektif berdasarkan analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, evaluasi kerja, hubungan kerja, imbal jasa yang memadai,
  4. Penanaman budaya mutu kepada seluruh warga madrasah yang didasarkan pada keterampilan/skill dan profesionalitas,
  5. Menciptakan sikap kemandirian secara kelembagaan melalui peningkatan sumber daya yang memadai,
  6. Meningkatkan peran serta warga madrasah dan masyarakat yang dilandasi sikap tanggung jawab,
  7. Meningkatkan sistem pengelolaan yang transparan dan akuntabel dalam pengelolaan anggaran,
  8. Meningkatkan mutu prestasi output siswa bidang akademik dan non akademik secara berkelanjutan,
  9. Memprioritaskan pelayanan pendidikan kepada para siswa dalam rangka mengurangi angka drop out,
  10. Memberi kepuasan bagi warga madrasah dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Ada beberapa bidang yang akan dicapai, antara lain :

        1. Prestasi Akademik

           Lulus Ujian Nasional dan Ujian Madrasah sesuai dengan standar nasional dan berusaha untuk mencapai hasil yang sangat memuaskan.

        2. Prestasi Non Akademik

  • Leadership
  • Human Relationship
  • Self Confidence
  • Bravery (Keberanian)
  • Disiplin
  • Creativity
  • Integrety (tanggung jawab)
  • Komputer
  • Bahasa Asing (Inggris, Arab)
  • Keterampilan seni
  • Membentuk tim bola voli yang terampil
  • Membentuk tim futsal yang handal
  • Memiliki grup hadrah modern siap tampil.
  1. Menerapkan pendidikan nilai (Pendidikan Karakter), antara lain:
  • Penghormatan atas hukum/ tata tertib
  • Tanggung jawab
  • Membimbing siswa untuk hidup disiplin dan berakhlakul karimah
  • Menciptakan lingkungan madrasah yang sehat, bersih, indah, sehingga nyaman dan kondusif untuk belajar.
  • Mengadakan kegiatan keagamaan Islam secara rutin dan teratur untuk menumbuhkembangkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai agama Islam, melalui sholat jamaah Dhuhur, kultum, dan hafalan surat-surat pendek Al-Qur’an, serta ujian keagamaan melalui program SKUA (Standar Kompetensi Ubudiyah dan Akhlakul Karimah).

Guru dan Pegawai

  1. Mengelola pendidik dan tenaga kependidikan secara efektif berdasarkan analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, evaluasi kerja, hubungan kerja, imbal jasa yang memadai.
  2. Penanaman budaya mutu kepada seluruh warga madrasah yang didasarkan pada keterampilan/skill dan profesionalitas.
  3. Menciptakan sikap kemandirian secara kelembagaan melalui peningkatan sumber daya yang memadai.
  4. Meningkatkan peran serta warga madrasah dan masyarakat yang dilandasi sikap tanggung jawab.
  5. Meningkatkan sistem pengelolaan yang transparan dan akuntabel dalam pengelolaan anggaran.
  6. Meningkatkan mutu/prestasi output siswa bidang akademik dan non akademik secara berkelanjutan.
  7. Memprioritaskan pelayanan pendidikan kepada para siswa dalam rangka mengurangi angka drop out.
  8. Memberi kepuasan bagi warga madrasah dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Strategi Pengembangan

  • Menciptakan dan meningkatkan bidang Layanan Umum, yang menyangkut kepentingan proses persiapan, proses penyelenggaraan dan hasil prestasi pendidikan bagi kepentingan siswa dan stakeholder.
  • Menciptakan dan melaksanakan bidang Pengelolaan dan Layanan kepada siswa dalam bidang kegiatan belajar, perkembangan dan pembinaan kepribadian, kebutuhan kemanusiaannya (rasa aman, penghargaan, pengakuan, dan aktualisasi diri).
  • Optimalisasi potensi Sarana dan Prasarana Madrasah yang mencakup gedung, lahan, dan media belajar.
  • Merumuskan dan menyusun perencanaan strategis dan tahunan guna mengimplementasi program-program operasional madrasah yang didukung oleh sumber-sumber anggaran pembiayaan yang memadahi.
  • Melaksanakan program Pembelajaran partisipasi masyarakat madrasah seperti orang tua siswa maupun tokoh masyarakat setempat, melalui wadah organisasi Komite Madrasah.
  • Menciptakan Budaya Madrasah yang meliputi tatanan nilai, kebiasaan, kesepakatan-kesepakatan yang direfleksikan sehari-hari terutama budaya yang bersifat mendukung terhadap pencapaian Visi dan Misi Madrasah.